-->

Asal Usul Kota Mojokerto Jawa Timur

Kali ini saya akan menuliskan Asal Usul Kota Mojokerto Jawa Timur. Hampir semua orang tahu kota Mojokerto. Namun, orang-orang yang mengetahui asal-usul kota Mojokerto ini masih sedikit. Kota Mojokerto merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Timur dan dikelilingi oleh kabupaten Mojokerto. Kota ini terletak sekitar 50 km dari Surabaya. Kota yang memiliki berbagai pariwisata menarik dan bersejarah ini selalu dikaitkan dengan Majapahit atau Mojopait.

Mojokerto pada zaman dahulu merupakan pusat dari pemerintahan kerajaan Majapahit. Lokasi dari kerajaan Majapahit sendiri diperkirakan sekitar 10 km dari letak Mojokerto sekarang. Perkiraan ini diambil karena banyaknya peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit seperti candi, umpak-umpak, gapura, saluran air, dan sebagainya.

Asal Usul Kota Mojokerto Jawa Timur

Masa kejayaan Majapahit merupakan periode yang sangat mengesankan dalam sejarah Indonesia. Alasannya adalah karena pada masa ini Majapahit menjadi kerajaan yang paling besar dan mempunyai pengaruh yang begitu luar biasa. Tak hanya di nusantara, di luar negeri pun nama kerajaan Majapahit ini dikenal. Mojokerto yang memiliki banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan Majapahit ini sering dikait-kaitkan dengan kerajaan tersebut.

Hari jadi Mojokerto pun berkaitan dengan Majapahit. Konon, hari jadi Mojokerto yaitu tanggal 9 Mei merupakan hari saat Raden Wijaya mengatur strategi dalam perlawanannya melawan pasukan Tar-Tar.

Kemenangan dalam perlawanan tersebut menjadi titik awal dari kemenangan militer juga diplomatic yang dilakukan Raden Wijaya. Menurut Tarikh Masehi, kejadian ini ada pada tanggal 9 Mei tahun 1293. Dari sinilah kemudian tanggal tersebut dijadikan hari jadi Mojokerto dan diperingati hingga saat ini.

Seiring dengan berjalannya waktu setelah Majapahit runtuh, kemudian kolonial Belanda membuat bentuk kota ini berubah. Meski beberapa insfrastruktur dibangun oleh warga kolonial tersebut, nyatanya Mojokerto tetap berbeda dengan kota lain seperti Surabaya atau Malang yang berkembang dengan baik. Mojokerto tetap saja menjadi kota kecil. Mojokerto memiliki perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya menjadi sebuah kotamadya.

Itulah sekilas tentang asal usul kota Mojokerto. Semoga sedikit informasi ini bisa menambah wawasan Anda tentang asal-usulsalah satu kota di Indonesia. Cintai terus sejarah dan budaya negeri sendiri.

Sejarah
Pembentukan Pemerintah Kota Mojokerto diawali melalui status sebagai staadsgemente, berdasarkan keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda Nomor 324 Tahun 1918 tanggal 20 Juni 1918.
Pada masa Pemerintahan Penduduk Jepang berstatus Sidan diperintah oleh seorang Si Ku Cho dari 8 Mei 1942 sampai dengan 15 Agustus 1945. Pada zaman revolusi 1945 - 1950 Pemerintah Kota Mojokerto di dalam pelaksanaan Pemerintah menjadi bagian dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan diperintah oleh seorang Wakil Walikota disamping Komite Nasional Daerah.
Daerah Otonomi Kota Kecil Mojokerto berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1950, tanggal 14 Agustus 1950 kemudian berubah status sebagai Kota Praja menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957.
Setelah dikeluarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965 berubah menjadi Kotamadya Mojokerto. Selanjutnya berubah menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Mojokerto berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974.
Selanjutnya dengan adanya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, tentang Pemerintahan Daerah, Kotamadya Daerah Tingkat II Mojokerto seperti Daerah-Daerah yang lain berubah Nomenklatur menjadi Pemerintah Kota Mojokerto.

Mojokerto pernah menjadi sebuah kawedanan dengan Asisten Wedana Bapak Supardi Brototanoyo. Perkembangan selanjutnya Bapak Supardi Brototanoyo menjadi Wedana dan terakhir menjadi Walikota Mojokerto pada saat itu. (Sumber: https://id.wikipedia.org/)

0 Response to "Asal Usul Kota Mojokerto Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel